Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Thursday 17 March 2011

Widgets

Download cepat file iso dengan ZSYNC

Download cepat file iso dengan ZSYNC | ubuntu

Posted by Budi on 30 April , 2010

Ubuntu 10.04 Lucid Lynx Unofficial CD/DVD Label
Ubuntu 10.04 Lucid Lynx (LL) Stable Release telah resmi dirilis oleh pihak pengembang Ubuntu. Saya memang cukup penasaran dengan Ubuntu 10.04, yang katanya lebih elegan dan cepat. Oleh sebab itulah, sejak Lucid Lynx Release Candidate (RC) dirilis, saya langsung mendownload dan “membakar”nya ke dalam FlashDisk Kingston 4GB milik saya. Ada satu hal yang berbeda dari kebiasaan saya sebelumnya -mendownload versi 32bit-, kali ini saya memutuskan untuk mendowload Ubuntu versi 64bit. Jujur saja, saya memang ingin merasakan kecepatan sistem 64bit, apakah jauh lebih cepat daripada 32bit.?

Karena menggunakan LiveUSB, saya tidak terlalu merasakan perbedaan yang signifikan dalam hal kecepatan. Sama seperti kecepatan desktop 9.10 saya jika tidak mengaktifkan desktop effect.

Oke lah, gak usah dibahas tentang bedanya 64 dan 32.. Disni yang bakal saya bahas adalah salah satu aplikasi downloader di linux, yang menurut saya sangat2 berguna dan efektif.

Aplikasinya?

ZSYNC, adalah nama aplikasi yang saya maksud.

Fungsi dan Fiturnya?
Fungsinya sama seperti downloader lain, semisal wget, yakni untuk mendownload file (ya iyalah.. -_-”)

Namun, fitur yang menurut saya sangat membantu adalah kemampuan aplikasi ini untuk mendownload “update” dari sebuah file iso “lama”. Belum paham maksudnya? bayangkan seperti ini :

Saya telah mendowload Ubuntu LL RC. Nah, seminggu kemudian, release-lah Ubuntu LL Stable Release. Karena ingin mencoba versi Stable ini, otomatis saya harus mendowload lagi file iso-nya.. Nah, bayangkan jika saya (atau Anda) harus mendowload lagi file iso tersebut dari 0.. Pasti memakan waktu dan bandwidth kan? (terutama bagi yang koneksi inetnya “unlimited” :p)

Dengan menggunakan zsync, saya tidak perlu mendownload dari awal (0 byte)!!! Saya hanya perlu modal file iso Ubuntu versi RC, untuk mendowload versi Stable ini!

Yap! zsync membandingkan file iso versi RC (sebagai modal) dengan file iso Ubuntu Stable yang ingin didownload (hasil). Nah, setelah dibandingkan, maka zsync hanya akan mendownload sisa/ update yang diperlukan saja!!

Hasilnya??!
Saya hanya perlu mendownload sekitar 140MB!! dari yang seharusnya 600MB++!! Hemat? Cepat?

Cara Instal?
Gampang! Buka terminal, ketik :

sudo apt-get install zsync

Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Cara Pakai?
Masi menggunakan terminal. Yang perlu diperhatikan adalah file “modal”, sebagai contoh file iso Ubuntu 10.04 RC. Diasumsikan bahwa file iso “modal” berada pada direktori /home/user_anda. Jadi, perintahnya cukup sederhana :

zsync [spasi] -i [spasi] file_iso_modal [spasi] url_file_iso_yg_didownload

contoh :

zsync -i ubuntu-10.04-RC-desktop.i386.iso http://ubuntu.com/release/10.04/ubuntu-10.04-desktop.zsync

Mudah Bukan?

Salah satu kelemahannya adalah, tidak semua distro (file iso) bisa didownload menggunakan zsync, karena masih sedikit developer yang menyediakan fasilitas download melalui cara ini. Salah satu yang menyediakan memang Ubuntu.

Semoga ilmu ini membantu teman2 sekalian.. :D

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 comments: