Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Thursday 19 May 2011

Widgets

GAMBAS aplikasi Upload gambar/foto

Setelah bingung dalam beberapa hari ini mencari bagaimana cara membuat aplikasi untuk upload gambar,akhir'a....
hingga hari ini pun saya masih bingung...
haha...('canda')
akhir'a saya mendapatkan juga dari GooGle tentang bagaimana cara membuat aplikasi untuk upload foto/gambar.
dan seperti'a saya harus membagikan juga artikel ini untuk teman2 sekalian yang membutuhkan, yang kemungkinan mempunyai kasus sama dengan saya yaitu mendapat tugas dari pak dosen untuk membuat aplikasi tsb.
nah, selanjut'a adalah cara membuat'a..
o iya,aplikasi yang saya buat adalah aplikasi untuk gambas(LINUX).
karena memang Kampus dimana saya kuliah menggunakan LINUX.

nah komponen yang kita butuhkan adalah PictureBox,button dan ScrollView.

Jika sudah, kita akan mulai dengan coding pada button
double klik pada button yang akan gunakan untuk membuka direktori pengambilan gambarnya, maka window coding class akan muncul.
dan isikan kode berikut

DIM pic AS Picture

dialog.Path = "/home/miesf/pictures"
IF NOT Exist(dialog.Path) THEN
dialog.Path = user.Home
ENDIF

dialog.Filter = ["All Type (*.jpg , *.jpeg , *.png , *.bmp)", "( *.jpg )", "( *.png )"]

IF dialog.OpenFile() THEN RETURN
pic = NEW Picture
pic.Load(dialog.Path)
PictureBox.Picture = Picture[Dialog.Path]
PictureBox.Resize(pic.Width + 7, pic.Height + 7)

sedikit penjelasannya dari saya.
pada baris pertama kita membuat variabel baru bernama pic dengan tipe picture
variabel ini akan sangat berguna nantinya saat kita ingin mengatur properties saat
gambar ditampilkan, misalnya mengatur ukuran lebar dan tinggi dari ukuran PictureBox.

Kemudian pada baris kedua hingga kelima, kita mengarahkan letak user saat dia ingin membuka gambar
secara default saya mengarahkan pada direktori /home/miesf/pictures, sebab saya menyimpan gambar
pada direktori tersebut. Anda dapat menggantinya dengan letak yang sesuai dengan struktur direktori anda.
Selanjutnya jika ternyata direktori tersebut tidak ada, maka user akan diarahkan pada direktori home.

Baris selanjutnya adalah keenam, yang mana kita menyeleksi/filter type gambar yang akan kita tampilkan
Sedangkan pada baris ketujuh hingga terakhir kita menampilkan gambar kedalam PictureBox.
Gambar akan ditampilkan kedalam PictureBox yang diambil dari Dialog.Path yang mana ukuran PictureBox
akan menyesuaikan sesuai dengan lebar dan tinggi dari gambar yg diambil.
Dengan begini, maka sebenarnya program sudah dapat dicoba...
dan.....
selamat mencoba..


suber:http://miezdhardy.blogspot.com/2011/05/setelah-bingung-dalam-beberapa-hari-ini.html

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

1 comment: